9 Comments

Sinergitas Polisional Proaktif Kepulauan Selayar

Program Kampung Kamtibmas

AKBP-Moh-HidayatBeberapa tahun terakhir, sinergitas polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat semakin terasa di hati masyarakat kabupaten kepulauan Selayar. Di bawah Kapolres Selayar AKBP M. Hidayat, peran polisi sebagai sosok shabat masyarakat melalui program kampung kamtibmas ini telah mengubah paradigma masyarakat secara global. Kini mata dunia tertuju kepada pemilik karang atol terbesar ke-3 dunia Taka Bonerate ini.

Program kampung Kamtibmas Polda Sulsel telah menyentuh sebagian besar masyarakat selayar yang hidup dalam dunia pertanian, perkebunan dan perikanan. Mulai dari pembukaan kebun kamtibmas di dusun Gantarang Lalang Bata dimana kini telah tumbuh subur aneka macam sayuran di sana. Melalui kebun ini, Bripka Hasan, pelopor kampung Kamtibmas telah menggugah dan mengedukasi masyarakat dalam berkebun dengan efektif dan efisien serta tepat guna.

Di sebelah barat, sedikit ke utara dari kota Benteng Selayar, Sinergitas Polisionel proaktif telah mengubah paradigma masyarakat Dusun Tulang Desa Barugaya dari memburu telur penyu menjadi penyelamat penyu, dengan menghadirkan kampung penyu. Peran polisi sangat besar dalam mewujudkan hal ini.logo kampung penyu

Meskipun baru di rintis pada tahun 2012, kampung penyu telah dikenal dimata dunia. Puluhan, bahkan ratuan pengunjung datang untuk melihat tukik yang baru menetas. Mulai dari masyarakat awam, pelajar, mahasiswa, artis, wisatawan lokal hingga manca negara berkunjung ke kampung penyu. Kampung penyu semakin menunjukkan keindahannya ketika Aty D’Academy bersama kru dari Indosiar datang. Melihat ratusan tukik yang baru menetas, mengingatkan kita akan kebesaran sang pencipta. Begitu indah dan sempurna.

Momentum Sinergitas

sinergitas polisionerBirunya langit dan gemercik air laut memecah pantai pasir putih kampung penyu menjadi saksi momentum sinergitas polisional proaktif Kabupaten Kepulauan Selayar, Indonesia. Realisasi Sinergitas Polisional Proaktif bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, 17 Agustus 2014.

Momentum Sinergitas Polisionel Proaktif ini di kemas dalam 8 rangkaian kegiatan. Kegiatan tersebuta antara lain pemberian penghargaan, pemberian trofy dan hadiah, pemberian cendramata tali asih dan pelepasan 69 tukik.

Pemberian penghargaan dengan penobatan Adam Pratama @Mr_ADAMSROCK, Vokalis Band Stynky sebagai “Duta Kampung Penyu”. Pria kelahiran Ujung Pandang 2 Februari ini adalah putra daerah kabupaten kepulauan selayar. Briptu Andi Irna yang telah peduli terhadap pelestarian penyu juga di nobatkan sebagai “Polwan Penyu” @PolwanPenyu. Pelepor terbentuknya Kebun Kantibmas,Bripka Hasan,S.Sos diberikan penghargaan sebagai “Bhabin Kamtibmas Teladan”.polwan penyu

Pemberian penghargaan juga diberikan kepada Sarbini @sharbendjie sebagai admin @kampungpenyu yang aktif memberikan informasi kegiatan Kampung Penyu ke media sosial. Juga ada pemberian penghargaan kepada Bapak Kepala Desa Jinato, Abdullah yang telah berkomitmen membantu Polisi dalam memberantas illegal fishing di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pada hari itu juga dilakukan pemberian trophy dan hadiah kepada pemenang Kejuaraan Volly Pantai dalam rangka menyambut HUT RI ke 69 Polres Selayar.cendramata penyu

Pekkong (Pet) seniman defable binaan Polres Selayar memberikan cenramata sebagai tali asih kepada Mas Genta, Dive Ink Bandung. Cinderamata yang diberikan berupa penyu yang merupakan hasil karya Pet sendiri.

Menutup momentum Sinergitas Polisioner Proaktif Polres Selayar, dilakukan pelepasan 69 ekor tukik sesuai HUT RI ke 69 oleh semua penerima penghargaan, polisi & bahayangkari cab. Kepulauan Selayar.

Sinergitas Polisioner Proaktif tidak akan berakhir sampai disini, saja. Ini merupakan bagian dari langkah ataupun tapak yang akan dilewati menuju tujuan bersama menjadi selayar sebagai kabupaten kepulauan yang mapan dan mandiri. Hanya dengan sinergitas yang indah lah yang akan mengantarkannya mewujudkan hal itu. Tuhan Sang Maha pencipta telah menganugerahkan jutaan keindahan dari dasar laut hingga puncak pegunungan dengan tanah yang subur. Dengan segala apa yang telah di anugerahkan kepada masyarakat kabupaten kepulauan Selayar, saya yakin Tuhan memiliki rencana yang jauh lebih indah dari ciptaan-Nya. Dan di tangan dan hati masyarakat selayarlah semua itu bisa berjalan sesuai rencana Tuhan.

Salmah Sumayya
Petta Punggawa Watampone 21 Agustus 2014

<

p style=”text-align:justify;”> 

Advertisements

9 comments on “Sinergitas Polisional Proaktif Kepulauan Selayar

  1. Yup…semoga semakin jaya

    Liked by 1 person

  2. Wa’alaikum Salam.. Iya mbak terimakasih. untuk foto-foto kegiatannya nanti bisa kami kirim melalui email mbak… silahkan kirim alamat emailnya di akun rainmazter ini 🙂

    Liked by 1 person

  3. Nice artikel Mbak 😉

    Liked by 1 person

  4. Tetap rajin2 menuliss hehehee

    Liked by 1 person

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: