Leave a comment

Halal Bihalal Warga Pakkopiang Selayar

pakkopiang 8Romansa lebaran idul fiti masih sangat terasa. Setelah liburan lebaran 2014, bulan syawal sebagai bulan kemengan di isi dengan kegiatan halal bi halal. Jika Prabowo-Hatta menggelar Halal Bi Halal di Rumah Polonia, relawan Jokowi-JK Halal Bihalal di depan MK, warga Kampung Pakkopiang/Kampung Bau Desa Bonto Koraang pun tidak ketinggalan menggelar acara halal bi halal.

Halal Bihalal warga pakkoping dimulai sejak hari raya idul fitri. Sudah menjadi tradisi masyarakat jauh sebelum saya lahir, dimana setelah selesai sholat ied, kaum laki-laki berkeliling dari rumah-kerumah. Tidak ada satupun rumah yang terlewati. sementara bagi yang perempuan kembali kerumah masing-masing untuk mempersiapkan makanan. Setelah selesai duhur barulah giliran perempuan yang keliling kerumah para tetangga. Keesokan harinya baru mengunjungi keluarga yang jauh yang berbeda kampung.pakkopiang

Tahun 2014, kegiatan halal bihalal warga pakkopiang tidak hanya sebatas pada saat lebaran saja. Meskipun warga masih sibuk memetik cengkeh di kebun, mereka meluangkan waktu untuk berkumpul bersama. Hari Minggu 10 Agustus semua warga Pakkopiang mengadakan rekreasi di Pantai Pa’ba’dilang, sekitar 40 km dari kampung. Semua warga ikut ambil bagian dalam acara ini. Mulai dari anak-anak, sampai mamak-mamak dan bapak-bapak ikut dalam kegiatan ini. Rekreasi ini membuat keakraban dan kebersamaan sesama warga.

pakkopiang 1Mereka sudah membawa nasi dan sambal serta sayur dari kampung, sementara ikannya baru di bakar. Ummmm, sunggguh nikmat rasanya. Apalagi sambalnya pakai sambal terasi khas selayar, menggugah rasa lapar dan ingin segera mennyantapnya.Menikmati indahnya pemandangan pantai sambil makan ikan bakar yang segar membuat suasana semakin hangat. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan sebab ini adalah pertama kalinya mereka lakukan.

Masyarakat Pakkopiang sangat bersyukur dengan acaranya ini. Mereka berterimakasih kepada keluarga Bpk Abdul Wahab dan Ibu Megawati serta anaknya Andi Wahyuni dan suaminya yang telah menanggung biaya akomodasi.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan mereka yang direkam  oleh Andi Wahyuni:pakkopiang lg pakkopiang lg 1 pakkopiang 9 pakkopiang 7 pakkopiang 6 pakkopiang 5 pakkopiang 4 pakkopiang 3 pakkopiang 2

Pantai Pa’ba’dilan merupakan salah satu pantai terindah di Kabupaten Kepulauan Selayar. Menyimpan daya tarik yang mempesona bagi setiap pengunjung. Pantai yang berpasir putih, karang-karang yang indah serta pepohonan menambah indah pesonanya. Trimakasih Tuhan. (Salmah Sumayya  Jl. Petta Punggawa, Watampone, 11 Agustus 2014) 

Advertisements

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: