Leave a comment

Kekuatan Tradisi dan Imajinasi dalam Karya Musik

Kemampuan Imajinasi yang bagus dalam mencipta lagu harus didukung oleh kekuatan tradisi agar menghasilkan karya yang bagus dan punya cita rasa.

giyant hidayahDemikian kesimpulan dari tulisan Saudara saya Gyant Hidayah, salah seorang Guitar Educator & Instructor yang hebat Makassar pada  . Dikatakananya bahwa dunia music ini terbangun oleh kerangka tradisi yang sudah turun temurun, sehingga Music yang dimainkan oleh seseorang atau grup band akan dikatakan benar ketika sesuai dengan tradisi (Kebiasaan) yang berlaku pada genre yang digelutinya.

Oleh sebab itu, satu hal yang harus kita ketahui adalah bahwa music itu tidak punya aturan, yang ada adalah rambu rambu sehingga apapun yang anda mainkan dimusic tidak ada yang salah sekalipun yang anda mainkan itu ngasal selama Anda mampu mempertanggung jawabkannya. Kenapa? karena Music itu Subjective, tergantung pada subjectnya. Biasanya ketika dianalisa dengan teori yang satu bisa kurang tepat tetapi ketika dianalisa dengan teori yang lain bisa jadi benar.

Sebagai Contoh, Ketika kita memainkan Progresi 12 bar Blues yang keseluruhan Chordnya adalah Dominanth 7 (I7, IV7, V7), maka konsep ini sudah tidak sejalan dengan teori music Skolahan (Klasik), karena tidak ada sejarahnya tension dari dari Chord pertama itu Dominanth7 (1, 3, 5, b7) seharusnya adalah Major 7 (1, 3, 5, 7). Begitupun halnya untuk chord ke 4 yang seharusnya Major 7 dan bukan Dominanth 7 seperti dalam Progresi 12 bar Blues, karena dalam teori music klasik hanya mengenal satu chord Dominanth dalam Sebuah progresi yakni chord ke V sementara Sudut pandang Blues adalah Dominanth Sentris alias memandang semua chord itu Dominanth 7.

Jadi mana yang benar? jawabannya adalah dua duanya benar karena tergantung pada subjectnya. Sebab musik tidak memiliki aturan yang ada adalah rambu-rambu.

Menurut Gyant, untuk bisa mengerti rambu-rambu dalam memainkan musik ataupun bermusik kita harus memahami “TRADISI”. Tepatnya adalah tradisi dalam musik itu sendiri. Tradisi dalam Music adalah kebiasaan yang menyangkut Sejarah, Frame of mind (kerangka berpikir), dan Karya.

Apa pentingnya belajar sejarah? kemampuan bermusik sangat dipengaruhi dan berkembang dari perjalanan yang sudah dijalani selama ini. Semakin memahami latar belakang musik yang dijalani, semakin banyak pula kita bisa mengekspresikan diri. Kita tidak akan bisa berbicara tentang musik jika kita tidak mengetahui sejarahnya.

Frame of Mind, mengerti bagaimana corak berpikir para Legend Music pada genre yang kita mainkan akan membantu kita menemukan Rasa dalam music kita.

Karya, music apapun yang kita mainkan sekarang adalah sebuah kebiasaan turun temurun yang dimainkan dari jaman dulu, sehingga music yang paling benar adalah music yang dimainkan berdasarkan Tradisi yang tertuang dalam karya karya para legend Music, kita bukan disuruh menjiplak tetapi mencetak kebiasaan kebiasaan kedalam otak kita dengan banyak mendengar dan memainkan.

Contoh buat Gitaris, semua Musisi Blues tahu bahwa BB King adalah gudang lick gitar Blues, sehingga memainkan beberapa contoh lick BB King dengan gaya kita atau karakter kita sendiri adalah jalan yang tepat untuk bermain sesuai tradisi Blues alias tidak menyimpang. Anda tidak bisa bilang bahwa akan membuat lick blues sendiri tanpa sama sekali ngulik lick lick para Legend Blues Saya bisa pastikan kalau permainan anda tidak akan punya cita rasa blues.

Contoh berikutnya lagi Anda ingin jadi Gitaris Rock n Roll tapi tidak pernah tahu Chuck Berry atau anda mau jadi Gitaris Shreder tapi tidak pernah ngulick Yngwie Malmstein. Mau main music Brit Pop tanpa pernah dengar The Beatles.

Imajinasi dalam music adalah kemampuan kita untuk membuat karya menggunakan semua konsep yang kita miliki. Ketika seorang musisi membuat sebuah lagu menggunakan daya Imajinasinya maka akan secara otomatis memaksa otak untuk mengeluarkan semua kemampuan yang dimilikinya untuk membuat musicnya. Saat inilah IMAJINASI DAN TRADISI barsatu sehingga lagu yang anda hasilkan akan sangat bergantung dari kekuatan Imajinasi dan Tradisi yang anda miliki ini.

Apa yang biasa anda dengar dan mainkan Pasti akan tercermin dari karya yang anda hasilkan Itu Pasti. Disinilah peran Tradisi sangat besar karena akan menentukan kandungan karya yang anda buat, semakin kuat Tradisinya makan semakin otentik Music anda, Contoh : John Mayer, memainkan music Pop tapi tidak kehilangan tradisi Blues yang dia miliki sehingga Selalu punya cita rasa Blues. kita juga punya Seorang Gitaris Jazz yang hebat “Tohpati” yang albumnya diproduksi di Amerika karena permainan gitar tohpati tidak kehilangan tradisi Jazz alias memainkan Jazz dengan otentik.

“Jadi Sebuah karya Music akan terasa sempurna jika punya tradisi yang kuat didalamnya apapun genrenya”

Nah Sekarang pertanyaannya, bagaimana kalau kita punya daya Imajinasi yang luar biasa dalam mencipta lagu tapi kurang dalam pada tradisi??? Jawabannya, anda mungkin akan mampu membuat laris lagu anda untuk di Indonesia, tapi untuk pasar Dunia Pasti Tidak karena Pasar Music Dunia itu selalu mengedepankan Tradisi dari karya musisi.

Analoginya sederhana menurutku, Kiblat Music di Dunia ini ada di Amerika dan Inggris. Jika kita memainkan music tanpa banyak mendengar dari sana maka music yang kita hasilkan tidak akan sesuai rootnya, Jika saya mencipta lagu dengan bekal lagu anak anak dulu (balonku ada lima, Cicak diDinding, Topi saya Bundar dll) maka lagu yang kuhasilkan juga tidak akan jauh jauh dari situ! Artinya bahwa apa yang biasa kita dengar akan sangat berpengaruh terhadap karya yang kita hasilkan. Jadi wajar kalau kita Musisi Indonesia agak susah untuk Membuat karya kita bisa dinikmati juga orang luar Negri (Bule) salah satu factornya adalah hal ini yakni kurang memahami tradisi.

Jadi kesimpulannya adalah kemampuan Imajinasi yang bagus dalam mencipta lagu harus didukung oleh kekuatan tradisi agar menghasilkan karya yang bagus dan punya cita rasa.

Semoga bermanfaat…

Advertisements

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: