Leave a comment

Yuk Ke Kampung Penyu Kepulauan Selayar

penyuMendengar Kata Kampung Penyu, saya teringat akan salah satu nama kampung di selayar  Batu Pannyu yang artinya dalam bahasa indonesia Batu Penyu. Jika di Batu Pannyu merupakan tempat tinggal penduduk, maka Kampung penyu benar-benar merupakan tempat penangkaran penyu. Kampung penyu merupakan daerah wisata lingkungan yang terletak di dusun Tulang, desa Barugaiya, kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Jenis penyu yang sering datang bertelur di kampung penyu ini adalah jenis Penyu Belimbing (Leatherback Turtle) yang sudah tergolong cukup langka di dunia. Di kawasan Pasifik seperti di Indonesia saja, populasinya hanya tersisa sedikit saja dari sebelumnya (hanya 2.983 sarang pada tahun 1999 dari 13.000 sarang pada tahun 1984).

Penyu belimbing betina dapat bertelur empat sampai lima kali per musim, setiap kali sebanyak 60 sampai 129 telur. Anehnya, sekitar setengah dari telur di setiap sarang sangat kecil untuk dapat berkembang dengan baik atau tidak memiliki kuning telur. Penyu belimbing bertelur setiap dua atau tiga tahun dengan masa inkubasi sekitar 60 hari. Penyu belimbing atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan sebutan Dermochelys Coriacea jika bisa bertahan hidup sampai di usia dewasa akan menjadi penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya.

Di Kampung penyu, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan pantai dan berenang bersama keluarga. Untuk masuk di Kampung Penyu kita harus membayar tiket masuk Rp 2.000,-. Jika Ingin berenang dan butuh pelampung, Jangan khawatir, Anda bisa menyewa ban untuk pelampung. Harganya antara Rp5.000,- s/d Rp10.000,- per buah tergantung ukurannya dan Anda bisa gunakan sepuasnya. Pihak Pengelolah Kampung Penyu juga menyewakan bale-bale untuk keluarga, Rp. 15.000,- per buah. Jika Anda haus, Anda bisa membeli kelapa muda yang harganya Rp 5.000,- per buah.

Bagi Anda yang suka dengan penyu, Anda bisa mengadopsi telur penyu atau merilis tukik sebagai bentuk pastisipasi dan pelestarian penyu di Kepulauan Selayar. Untuk telur nilai adopsinya Rp. 1.000 per butir (nama anda akan ditulis di papan data)

Untuk tukik (anak penyu) Rp. 5.000 per ekor untuk wisatawan lokal dan Rp. 20.000,- untuk wisatawan mancanegara. Tukik yang sudah diadopsi atau di donasi, bisa Anda lepas bersama keluarga dan teknisnya akan dipandu oleh Pengelola Kampung Penyu.

Jika ingin berdonasi pada pelestarian penyu di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel Anda bisa berpartisipasi melalui via Bank BRI, Norek. 0257-01-006731-53-1 An. SILEYA SCUBA DIVERS.  Bagi peneliti, bisa bersama pengelola untuk berpatroli dan melihat penyu yang sedang bertelur. Untuk info selanjutnya dapat menghubungi Pak Datu sebagai Koordinator Pengelola Kampung Penyu di CP. 087840787349 – 082191117998

Advertisements

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: