1 Comment

Lezatnya Coto Nusantara

coto nusantara.Lezat, demikian pendapat Riza Hermawan salah seorang wisatawan surabaya tentang Coto Nusantara. “Makanan khas makassar dengan rasa yang sangat lezat dan unik. Kombinasi dengan buras sebagai pengganti nasi yang gurih tidak akan cukup hanya satu porsi. Demikian Riza komentar yang ditulisnya di halaman tripadvaisor.

Selain Riza, beberapa wisatawan lain juga mengomentari Coto Nusantara. Mariana, wisatawan asal jakarta mengungkapkan bahwa coto nusantara merupakan coto terenak di Kota Makassar. “Coto Makassar nya enak, harganya murah banget (saya makan coto makassar seporsi 18rb, lontong seribu/biji, teh botol 5rb), stafnya juga ramah. lokasi gampang di jangkau,” katanya di halaman tripadvaisor.

Masih dari halaman tripadvaisor, Maskrisma, wisatawan Makassar menulis komentar seperti ini “Rasa coto makassar yang sangat khas, daging yang empuk dan berbumbu. Lokasi agak sempit namun sangat ramai sehingga kadang makan sambil berdesakan, tapi mungkin ini malah menjadi hal berseni yang menjadi daya tarik penggemar coto. Jangan datang terlambat karena siang sedikit, hidangan akan habis ludes,”.

Berdasarkan ulasan yang ada di tripadvaisor, Coto Nusantara yang terletak di Jl. Nusantara Makassar berada diperingkat ke-2 dari 137 restoran yang diulas.

Kelezatan Coto Nusantara juga telah mendapatkan penghargaan beberapa kali dari Majalah Makassar Terkini dan Makassar Research sebagai Makassar Most Favourite Award Culinary. Ini membuktikan bahwa Coto Nusantara memang benar-benar nikmat.

Lezatnya Coto Nusantara ini juga pernah saya nikmati pada bulan November 2013 lalu. Saat itu saya mau berangkat ke luar Kota dan saya sarapan Pagi di Coto Nusantara. Benar-benar enak….

coto nusantara 1Coto merupakan campuran antara daging dan jeroan sapi atau kerbau, berupa lidah, usus, paru, hati, dan babat. Irisan daging dan jeroan ini direbus kemudian dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus dan sangat kaya akan rempah-rempah. Umumnya, penjual coto memberikan pilihan antara coto campur, coto daging, atau hati. Ini sebagai alternatif bagi pelanggan yang tidak menyukai jeroan.

Seperti warung coto pada umumnya, coto di Warung ini juga  dihidangkan dalam sebuah mangkuk kecil. Di meja sudah tersedia berbagai bahan pelengkap untuk menikmati coto, di antaranya sambal, jeruk nipis, kecap, garam, irisan daun bawang, dan bawang merah goreng. Anda bisa meracik sendiri rasa coto sesuai dengan selera Anda. Untuk menikmati coto, telah disediakan ketupat atau buras.

Dari segi rasa, Coto Nusantara memang juaranya. Kualitas dagingnya begitu baik dan kuahnya sangat segar, apalagi jika ditambah dengan jeruk nipis dan sambal yang pedas. Keringat akan mengucur deras saat Anda menikmati sajian khas Makassar yang lezat ini. Karena lezatnya, satu mangkok akan terasa kurang dan Anda akan tambah satu mangkok lagi. Harga coto untuk satu porsi coto di Warung , Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 16.000. Sementara itu, satu buah ketupat atau buras diharga Rp 2.000. Coto Nusantara buka setiap hari mulai pukul 07.00 WITA hingga 17.00 WITA. Tapi sebaiknya Anda jangan terlalu sore tiba di sana karena bisa jadi warung ini sudah tutup sebelum pukul 17.00 WITA karena coto sudah habis.  Jangankan sore, kadang cotonya juga sudah habis pada saing hari…

 

Advertisements

One comment on “Lezatnya Coto Nusantara

  1. berdasarkan ulasan di tripadvaisor tanggal 10 April coto nusantara berada di peringkat pertama dan RM Nelayan berada di peringkat kedua.

    Like

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: