Leave a comment

15 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Sesuai dengan kandungan yang dimiliki brokoli, jenis sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan terbukti brokoli adalah sebagai berikut :Brokoli 1

  1. Sifat anti kanker. Penelitian merekomendasikan makan lebih banyak brokoli dan sayuran hijau lainnya karena mengandung phytochemical yaitu bersifat anti kanker. Studi menunjukkan bahwa brokoli dapat mengurangi risiko jenis kanker seperti kanker payudara pada wanita, kanker paru paru dan usus besar.
  2. Sifat anti penuaan. Brokoli juga memiliki sifat anti penuaan yang dapat membalikkan efek dari proses penuaan.
  3. Membantu pencernaan.Brokoli kaya akan serat, yang membantu pencernaan dan bekerja mencegah sembelit.
  4. Bertindak sebagai detoxifier. Kandungan vitamin C, asam amino sulfur membuat brokoli sangat baik. Ini membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh.
  5. Mengontrol diabetes. Brokoli kaya akan kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Brokoli merupakan sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.
  7. Menjaga penglihatan yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.
  8. Melindungi terhadap radiasi UV. Para peneliti juga menemukan bahwa senyawa yang disebut sulforaphane dalam brokoli mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.
  9. Memperkuat tulang dan Mencegah osteoporosis. Kandungan kaya kalsium, seng, magnesium dan fosfor, nutrisi tersebut membantu dalam menjaga kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Oleh karena itu, makan brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita dewasa yang rentan terhadap osteoporosis dan hamil.
  10. Mencegah anemia. Anemia adalah langsung berhubungan dengan kekurangan zat besi. Zat besi dan asam folat yang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia kekurangan zat besi.
  11. Mempertahankan kehamilan yang sehat. Brokoli merupakan sumber folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida pada janin. Semua wanita membutuhkan sumber rutin folat selama kehamilan.
  12. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Sebuah studi menunjukkan bahwa diet tinggi folat dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan brokoli merupakan salah satu makanan yang mengandung zat ini.
  13. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Brokoli kaya akan serat mengurangi kolesterol, kromium, dan potasium, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.
  14. Mengurangi risiko penyakit jantung. Karotenoid lutein ditemukan dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, terutama stroke.
  15. Diet berat badan. Brokoli sangat rendah dalam konten kalori. Sekitar 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena itu pola makan yang baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan.

Inilah Manfaat Brokoli bagi kesehatan, semoga menambah wawasan pembaca.

Advertisements

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: