Leave a comment

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

cuka-apelCuka apel adalah minuman yang terbuat dari sari apel yang difermentasikan. Cuka apel dipercaya mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat cuka apel untuk kesehatan seperti dilansir dari fitsugar.com.

Menurunkan berat badan
Jika Anda sedang berupaya untuk memulai program penurunan berat badan, tidak ada salahnya apabila Anda mulai mengonsumsi cuka apel. Penelitian menunjukkan bahwa cuka apel mampu membantu menjaga Anda dari rasa lapar yang berlebihan dan dapat menurunkan kadar glisemik di dalam makanan yang tinggi akan karbohidrat. Hal ini berarti cuka apel mampu memperlambat pelepasan glukosa ke dalam darah.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Pektin yang ada di dalam cuka apel bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Selain itu mengonsumsi salad sayuran yang disiram dengan cuka apel juga baik untuk membersihkan pencernaan Anda.

Meningkatkan energi
Mengonsumsi cuka apel di pagi hari dapat menjadi alternatif bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi untuk mendapatkan suntikan energi. Anda dapat mengonsumsi segelas penuh air yang dicampur dengan cuka apel sebagai minuman sehat pengganti kopi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Cuka apel kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu jika Anda sudah sakit, mengonsumsi cuka apel yang dicampur dengan madu dan air perasan jeruk lemon mampu meringankan penyakit pilek dan demam yang Anda derita.

Menghilangkan kutil
Anda mempunyai kutil yang mengganggu dan ingin menghilangkannya? Anda dapat menghilangkannya dengan cuka apel. Caranya adalah dengan mengompres kutil dengan kapas yang sebelumnya telah direndam ke dalam cuka apel.

 

selain itu juga bermanfaat:

Menyembuhkan Luka dan Menyehatkan Rambut

Cuka apel juga bisa menyembuhkan luka dengan cara kerjanya yang mencegah penyebaran bakteri pada luka. Selain itu, cuka apel bisa dimanfaatkan untuk proses penyembuhan dan mengurangi rasa gatal yang biasanya timbul ketika luka akan segera sembuh.

Cuka apel juga sangat bermanfaat untuk kesuburan dan kesehatan rambut Anda. Anda bisa menggunakan setengah sendok makan cuka apel dan secangkir air dingin dalam sekali pemakaiannya untuk proses penyuburan rambut.

Membantu Perawatan Wajah

Cuka apel sangat membantu apabila digunakan untuk menjaga keseimbangan Ph pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan cuka apel di malam hari ketika mau tidur dan di pagi hari sebelum memakai pelembab wajah.

Bagi Anda yang memiliki flek hitam di wajah baik karena jerawat yang meninggalkan “jejak” maupun karena penyakit lainnya, bisa dihilangkan dengan cuka apel ketika menjelang tidur.

Namun, jangan digunakan secara langsung. Penggunaannya harus mencampurkannya dengan air karena sifatnya yang asam bisa merusak lapisan kulit.

Mengatasi Rematik dan Noda di Gigi

Kandungan kalium di dalam cuka apel dapat menguragi endapan kristal asam yang tumbuh di sekitar tulang sendi. Kandungan magnesiumnya berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh untuk melawan osteoporosis atau tulang rapuh. Anda yang bermasalah dengan noda di gigi juga dapat menggunakan cuka apel dengan cara dikumur.

Mengusir Rasa Pegal pada Kaki

Biasanya rasa pegal di kaki disebabkan oleh laktat. Nah, cuka apel bisa difungsikan sebagai penarik laktat tersebut sehingga membantu menghilangkan rasa pegal di kaki.

Meski dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan, konsumsi cuka apel sebaiknya tidak secara berlebihan. Cuka apel merupakan suplemen bukan obat.

Jika Anda ingin menggunakan cuka apel untuk mengobati penyakit yang diderita, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada otoritas kesehatan supaya tidak menimbulkan efek samping dan hasilnya pun dapat maksimal.

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk peningkatan kesehatan tubuh Anda. Jadi, mulailah berteman dengan cuka apel agar tubuh Anda tetap sehat dan kuat!

Advertisements

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: