Leave a comment

2014,Tingkat Hunian Hotel di Makassar Bakal Turun

Favor HotelKota Makassar saat ini sangat diperhitungkan secara nasional sebagai kota destinasi di Indonesia Timur. Jumlah wisatawan yang masuk, baik melalui pelabuhan dan bandara masih lebih tinggi tibandingan dengan kota-kota lainnya seperti Menado, Maluku dan Irian. Makassar, memang bukan daerah tujuan wisata, tetapi lebih kepada kota MICE. Oleh karena itu, permintaan hunian pun mengalami peningkatan.

Hal ini direspon oleh para investor, baik local, nasional hingga international. Pertumbuhan Hotel mengalami peningkatan sejak tahun 2012. Pertumbuhan ini berpengaruh kepada penurunan tingkat hunian rata-rata setiap tahunnya. Tingkat hunian hotel di Makassar pada tahun 2013 rata-rata 69, 74 persen. Jumlah ini mengalami penurunan dibanding tahun 2012 dengan tingkat hunian rata-rata 72, 59 persen. Dari tahun 2012 ke tahun 2013 tingkat hunian hotel mengalami penurunan sebesar 2,85 persen.

Turunnya tingkat hunian hotel di tahun 2013 disebabkan pesatnya pertumbuhan hotel di daerah ini. Pertumbuhan itu masih terus berlangsung hingga tahun 2014. Sepanjang tahun 2014 ada 31 hotel yang akan dibuka. Jika merujuk pada jumlah penurunan tingkat hunian sebesar 2,85 persen di tahun 2013, maka tingkat hunian hotel tahun 2014 mencapai rata-rata 66.89 persen bahkan bisa lebih rendah dari itu. Dengan banyaknya hotel yang akan buka di tahun ini, sangat mustahil bisa mencapai 70 persen.

Advertisements

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: