Leave a comment

Investasi Terbaik

Salah satu materi yang dibahas oleh Bapak Hadi Salimin pada Clean Community Day Sabtu 15 Maret 2014 adalah tentang Investasi. Mendengar kata Investasi, tentu dalam pikiran Anda adalah mobil, rumah, tanah, saham, hotel, tambang dll. Benarkah ini merupakan investasi terbaik?

Mungkin 99 persen setuju jika itu semua merupakan investasi terbaik. sebab bisa mendatangkan keuntungan yang besar ketika Anda mampu mengelolahnya dengan baik. Anda sering lupa, atau mungkin Anda belum menyadari bahwa itu semua hanya bagian kecil dari investasi seseorang. Bahkan bisa jadi jutru mendatangkan kerugian yang besar. Jika pun itu menguntungkan, waktunya hanya sebentar dan itu bukan investasi yang terbaik. Jika demikian, Apa yang menjadi investasi yang terbaik dalam hidup seseorang?

Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). Ada juga yang mengatakan Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang. Menurut Hadi Salimin dalam pemaparan materinya, investasi bisa diartikan sebagai RENCANA yang membawa seseorang dari titik A ke titik B.

Tujuan dari investasi itu adalah meraih keuntungan dimasa mendatang. Namun Anda juga harus menyadari bahwa banyak factor diluar kendali Anda yang mempengaruhi investasi itu. Resikonya sangat besar sebab kondisi bisa berubah setiap saat ke arah yang tidak Anda duga bahkan tidak Anda harapkan. Setiap kondisi yang Anda hadapi tidak pernah kebetulan karena ada dimensi lain yang menguasainya. Ketika Anda bisa menyatu dengan dimensi tersebut, maka Anda pasti pencapai tujuan (destiny) yang terbaik. Untuk mencapay destiny ini ada rumus yang sering dikenal dengan ABCDE.

A adalah Attitude atau sikap, B adalah Behavior atau tingkah laku, C adalah Character atau karakter, D adalah Destiny atau tujuan dan E adalah Eternal life

Selain rumus ini, rumus lain yang harus Anda pahami adalah bahwa Sikap + Kondisi = Hasil. Kondisi yang Anda hadapi bisa menguntungkan atau pun merugikan tergantung bagaimana sikap Anda.

Lebih jauh Hadi mengungkapkan bahwa seluruh hidup adalah investasi menuju DESTINY dan finalnya adalah Eternal Life. Dalam melakukan investasi, Anda sering mengatakan bahwa Anda tidak punya modal atau Anda merasa tidak cukup. Ini pernyataan yang keliru, sebab Anda mempunyai semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan apa yang direncanakan oleh Allah dalam hidup Anda. Petunjuk Allah akan menuntun Anda langkah demi langkah menuju masa depan yang lebih baik. Allah menetapkan langkah-langkah orang yang benar-benar patuh dan taat pada-Nya.

Clean Community Day 15 Maret 2014 (2)

Investasi Pribadi

Investasi pribadi merupakan investasi yang paling penting dalam hidup. Investasi pribadi adalah asset terbesar yang Anda miliki. Karena SDM merupakan potensi terbesar. Karena itu investasi SDN merupakan hal yang sangat penting. Pendidikan, pelatihan, dan pekerjaan merupakan investasi. Karena itu buanglah hal-hal negative yang ada dalam diri Anda agar Anda bisa menjadi pemenang. “Semua orang adalah pemenang namun sebagian masih berpura-pura menjadi pecundang.

Mungkin ada yang masih ingat kenakalan-kenakalan kecil yang sering dilakukan pada waktu sekolah. Sering ada yang usil menempelkan kertas di punggung temannya yang lain yang bertuliskan kata-kata negative seperti saya jelek, saya nakal, saya gila dll. Kenapa kata-kata yang negative? Bukan yang positif?

Allah menciptakan makhluknya khusunya manusia dengan talenta yang unik untuk mencapai tujuan-Nya. Dalam diri manusia ada slumbering power, yaitu kekuatan yang tertidur pulas, karenanya bangunkan raksasa di dalam diri Anda. Sebagai illustrasi, Anda bisa lihat bagaiman ulat yang jelek dan menjijikkan bisa menjadi kupu-kupu yang indah.

Untuk bisa menjadi seperti kupu-kupu yang indah, perlu ada terobosan dan trasnformasi. Untuk bisa melakukan terobosan diperlukan usaha yang extra dan tentunya juga akan banyak kesulitan. Setiap kondisi harus menjadi batu loncatan. Miliki mental rajawali, bukan mental bebek. Kuncinya adalah FOKUS dan DISIPLIN, bertanggung jawab dengan melakukan yang terbaik. Fokus pada poin-poin yang penting dan lakukan dengan disiplin. Potensi sealigus kondisi bila Anda pegang kedua-duanya inilah investasi terbaik.

Selain itu Anda bisa mencari titik-titik kelemahan Anda, atau semua yang kotor dalam hidup perangi dan taklukkan. Cari kunci permasalahan dan buka pintu terobosan. Ketika Anda taat kepada Allah maka Anda akan mendapatkan Favor atau Ridho dari Allah. Sebaliknya jika Anda melanggar maka Anda akan berdosa dan jika itu dilakukan terus menerus bisa menjadi turun-temurun, menyebar dan merusak. Contohnya; kemalasan, kecerobohan, perzinahan, merokok dll. Hal-hal negative ini jika tidak dilepas akan membelenggu, karena itu buang jauh-jauh semua itu dengan hidup Clean (bersih). Isi hidup ini dengan kebaikan, yang akan memerdekakan hidup Anda.

Advertisements

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: