Leave a comment

Good to Great

Salah satu materi yang dibawakan oleh Direktur Utama Favor Hotel, Bapak Hadi Salimin  pada  Clean Community Training 2, hari Sabtu 15 Maret 2014 adalah Good to Great. Sebelum menjelaskan lebih jauh, ayah 3 orang anak ini mengungkapkan jika dirinya bersyukur dan bangga bisa memimpin langsung team Favor Hotel. “Saya bersyukur dan bangga bisa langsung memimpin team ini. Ini juga tiba-tiba sebab pengunduran diri Pak Djoni. Setelah jalan selama dua minggu, saya banyak belajar,” ungkapnya didepan peserta training.Clean Community Day 15 Maret 2014 (2)

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan, bahwa dia telah membaca sebuah buku yang berjudul Good to Great. Good to Great artinya sesuatu yang baik menjadi hebat. Ini merupakan langkah menuju Excellent. Excellent dari kata excel artinya melampaui, melebihi expektasi. Sedangkan Favor bisa diartikan sebagai preferential treathment, perlakuan istimewa, out of good will, melampaui kebaikan. Clean adalah core value yaitu kekuatan inti yang akan membuat kita mampu menjadi excellent. Bagaimana supaya kita bisa menjadi excellent? yaitu ketika kita melangkah dengan benar. “Nah yang harus kita pikirkan adalah kerangka kerja yang kita lakukan. Sebagai Illustrasi, warung kelontongan. Karena yang mengerjakan semuanya adalah pemiliknya sendiri maka warung ini tidak membutuhkan sistem, yang diperlukan cukup bagaimana dia bisa mengatur keuangannya. Sangat berbeda ketika kita berada di dalam suatu organisasi perusahaan, kita membutuhkan sistem,” paparnya.

Sebagai Illustrasi adalah Pesawat, sambung Hadi. Pesawat terbang membutuhkan hal-hal yang sangat detail, ketika pesawat itu di buat tidak boleh ada yang salah sedikit pun. Demikian pula pada saat mengoperasikannya, dibutuhkan sysitm dan prosedur yang benar. Misalnya, pada saat pesawat ini hendak mendarat, tiba-tiba ada kabut yang menghalangi landasan penerbangan, pada saat itu pilot tidak jadi mendaratkan pesawatnya meskipun pada saat itu mungkin rodanya sudah terbuka. Karena dia mengikuti prosedur yang haris dilakukan dalam kondisi tersebut maka ia kembali mengangkasa menunggu hingga kondisi benar-benar aman untuk mendarat. Coba Anda bayangkan, jika pilot tersebut tidak mengikuti prosedur. Dia merasa jago, sudah pintar, sehingga dia memaksakan pesawat mendarat, apa yang akan terjadi?.

Itulah System, jelas Hadi Salimin. “Jadi systen itu seperti itu. Dan kita membangun system yang harus selalu berhasil. System ini bertujuan untuk membangun budaya disiplin yang kreatif, bukan kaku, melainkan bebas dan bertanggung jawab,” jelasnya.

Pada Clean Quote yang terletak di koridor lantai 3 Favor Hotel ada terdapat tulisan “Responsibility is the price of freedom” (Elbert Hubbart). Arti dari kalimat ini yaitu Tanggung jawab adalah harga dari kebebasan. Karena itu dalam melakukan tugas dan tanggung jawab, lakukan dengan memaknai. Bukan Kaku tetapi disiplin dalam team work yang saling mengisi dan membangun. “Teruslah belajar dan lakukan dengan segenap hati apa yang menjadi tanggung jawab kita. dengan demikian kita bisa menjadi SDM yang Handal,” jelasnya.

System yang baik tanpa didukukng dengan SDM yang handal justru akan melemahkan system itu sendiri. SDM yang excellent menjadi penggerak system kemudian systemnya (bukan SDM) terus di pantau, dievaluasi dan disempurnakan. Kenapa? karena dunia ini tersu berubah. Pasar berubah setiap saat, kondisi pun berubah. Jika kita terpaku dan tidak berubah dengan alasan cari aman, maka kita akan ketinggalan. Orang yang mencari aman sesungguhnya dialah yang paling tidak aman.  Berdasarkan data pada tahun 2011 jumlah kamar hotel di Makassar ada sekitar 5.000 kamar dan pada tahun 2015 diprediksi akan mencapai 15.000 kamar.

Di Akhir materi ini, Bpak Hadi Salimin mengatakn bahwa Team Work yang baik harus mampu berkolaborasi untuk bertranformasi sehingga pada akhirnya bisa menjadi Clean Community. Contonya Bus dan Penumpang.

Advertisements

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: