2 Comments

Mengapa Tali Pusar Kita Berbekas

Sahabat dan Saudaraku….

umbilikusPernahkah kita memperhatikan pusat atau pusar kita? posisinya berada di bagian perut kita. Itu juga merupakan titik tengah dari tubuh kita. Maksudnya ukuran dari kaki sampai ke pusat/pusar sama panjangnya dengan ukuran dari kepala ke pusat/pusar kita. Saat kita lahir ke dunia ini, tali pusar kita dipotong…Beberapa hari kemudian tali pusar itu jatuh/lepas. Ada yang usianya satu hari, tiga hari, tujuh hari bahkan lebih. Tetapi bagaimanapun bentuk pusar kita, bekas tali pusar itu tetap ada di dalam tubuh kita…

Pernahkah kita berpikir kenapa tali pusar itu berbekas? berbeda dengan bagian tubuh kita yang lain, jika terpotong maka perlahan ia akan kembali seperti semula, Sangat jarang yang berbekas.

Sahabat dan Saudaraku…Tujuan Allah ciptakan semua ini adalah agar kita selalu ingat pada sosok perempuan luar biasa yang telah mengandung kita selama sembilan bulan lebih. Dialah ibu kita yang selama kita dalam kandungan, telah memberikan makanan kepada kita dari tubuhnya lewat tali pusar tersebut.

Sahabat dan saudaraku…

plaentaAgar kita bisa tumbuh dan berkembang di dalam Rahim ibu, kita membutuhkan oksigen dan nutrisi serta membuang hasil metabolism kita keluar tubuh. Lantas bagaimana kita bisa melakukan semua itu? Sementara paru-paru kita masih dalam tahap pembentukan dan perkembangan.  Paru-paru kita mulai berkembang saat kita berusia enam minggu di dalam Rahim ibu. Paru-paru ini akan berfungsi pada saat kita sudah dilahirkan ke dunia ini.

Agar kita bisa mendapat oksigen dan nutrisi serta membuang hasil metabolism kita selama di dalam Rahim ibu, Allah menciptakan plasenta yang bertanggungjawab yang dilengkapi dengan tali pusar. Permukaan maternal plasenta menempel pada rahim, tampak kasar dan berongga. Warnanya merah tua dan terbagi dalam 15-20 tonjolan cotyledon, yang merupakan villi atau tonjolan berbentuk jari. Plasenta terdiri dari lebih 200 lebih pembuluh darah dan vena halus. Bentuknya mirip dengan gumpalan hati mentah. Agar terjadi sirkulasi antara tubuh kita di dalam Rahim dengan plasenta itulah Allah menciptakan tali pusar yang diletakkan di tengah plasenta dan dihubungkan dengan perut kita.

Secara rinci plasenta memiliki empat fungsi:

  • Berfungsi mengirimkan gizi dan oksigen dari darah ibu pada janin.
  • tali_pusar___plasentaMembawa karbondioksida dan sisa-sisa pembuangan janin kembali ke darah ibu.
  • Membentuk penahanan untuk infeksi dan obat-obatan tertentu. Tapi virus rubella dan aspirin dosis tinggi dapat menembus pertahanan plasenta. Antibodi dari darah ibu
  • juga dapat menembus plasenta dan memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu sesaat setelah persalinan.
  • Mengeluarkan hormon, terutama human chorionic gonadotrophin (HCG), progesteron dan oestrogen, hormon kehamilan yang penting untuk kelangsungan hidup dinding rahim, pertumbuhan rahim dan payudara.

Tali pusar sebagai jaringan pengikat yang menghubungkan antara plasenta dengan tubuh kita tampak mengkilap dan berwarna kebiru-biruan. Tali pusar terdiri dari satu vena umbilikalis dan dua arteri umbilikalis yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Vena umbilikalis berfungsi membawa darah yang berisi zat gizi dan oksigen dari plasenta ke tubuh kita sedangkan dua arteri tali pusar yang melingkarri vena membawa darah yang sudah ter-deoksidari serta sisa-sisa metabolisme dari kita menuju plasenta. Jadi Aapaun yang dikonsumsi oleh ibu kita saat kita masih dalam kandungan, selain untuk kebutuhan ibu kita, sebagian dialirkan ke kita. Tali Pusar kita tersusun dari 90 % air, dan terhubung dengan cakram intervebral 80 % srta kartilago tulang rawan sendi (95%).

plasentaPada saat kita dilahirkan, maka bidan atau dokter, akan memotong tali pusar kita. Ketika tali pusar kita dipotong, saat itu kita mulai belajar untuk hidup tanpa bantuan ibunya. Hanya dalam beberapa detik paru-paru mulai terbuka, darah mulai mengalir, dan paru-paru kita mulai berfungsi sebagaimana mestinya. Tetapi bekas tali pusar kita tetap ada dan akan selalu ada dalam tubuh kita agar kita selalu ingat akan perempuan yang telah Allah hadirkan untuk memberikan kehidupan pada kita.

Subuhanallah,..Maha suci Allah yang telah menciptakan manusia dengan Indah dan sempurna.

Begitu besar jasa dan kasih ibu kepada kita, Maka Syurgalah tempatnya yang terindah…Ya Allah Masukkan ibuku ke dalam Syurga dan bangunkanlah rumah yang terindah di dalamnya. Amin….

Semoga bermanfaat buat sahabat dan saudaraku semua…

Salam

Salmah Sumayya

Advertisements

2 comments on “Mengapa Tali Pusar Kita Berbekas

  1. Subhanallah, sungguh menjadi nasehat yg berharga. Tksih dan mhon izin share.

    Like

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: