2 Comments

Mari Kita Maafkan Orang Lain

Sahabat dan Saudaraku…..

OLYMPUS DIGITAL CAMERAMemaafkan itu memang tidak semudah membalik telapak tangan, apalagi orang tersebut benar-benar menyakiti hati dan perasaan kita. Tetapi mari kita merenung dan bertanya pada hati kita masing-masing, apa untungnya jika kita tidak memaafkan orang lain yang telah menyakiti kita? Sepertinya tidak ada sama sekali untungnya, sebab yang ada hanyalah kebencian dan dendam dalam diri kita yang pada akhirnya memutuskan tali silaturrahmi persaudaraan. Sifat benci dan dendam itu sangat dicintai oleh Syetan Laknatullah, yang bisa membawa kita ke dalam perbuatan dosa bahkan Api Neraka….

Ketika saudara kita menyakiti hati dan perasaan kita, lalu kita berbalik melakukan hal yang sama, maka sama saja kita dengan dia. Allah dan RasulNya tidak mengajarkan hal itu. Ada beberapa kemungkinan mengapa saudara kita itu menyakiti hati dan perasaan kita:

  1. Saudara kita tidak sengaja, dan tidak bermaksud menyakiti kita, tetapi kita saja yang mudah tersinggung atau sensitif.
  2. Saudara kita itu dalam kondisi emosi yang tidak stabil pada saat itu, sehingga kata-katanya pun tidak terkontrol.
  3. Saudara kita memiliki masalah pada saat itu dan belum terselesaikan sehingga kita menjadi salah satu pelampiasannya.
  4. Saudara kita itu merasa iri pada kita.
  5. Kita pernah mengeluarkan kata-kata yang menyakiti perasaan saudara kita.
  6. dan berbagai kemungkinan lainnya

ketika kita merasa di sakiti oleh saudara kita, ada baiknya kita berpikir positif dan menyikapinya dengan positif pula. Dengan begitu kita berada selangkah lebih maju atau selangkah lebih tinggi dari saudara kita. Jika saudara kita yang bersalah tidak datang minta maaf, maukah kita berbesar hati untuk meminta maaf padanya? Meminta maaf padanya tidak akan merendahkan derajat kita di Mata Allah. Jikapun kita tidak bisa melakukan hal ini, minimal kita memaafkannya. Bukankah Allah itu maha Pengampun? Allah yang menciptakan kita, yang menguasai seluruh alam ini saja memberi ampun kepada makhluknya apalagi kita manusia yang tidak ada artinya di mata Allah.

Sahabat dan saudaraku….

Ketika kita bisa memaafkan saudara kita yang berbuat salah kepada kita, maka kita akan mendapat manfaat yang luar biasa baik di dunia maupun di akhirat. Ketika hati kita memaafkan orang lain dengan tulus dan ikhlas, maka hati kita akan lega, hati kita akan bahagia, dan itu akan terpancar diseluruh sendi tubuh dan kehidupan kita. Di Akhirat kelak, Allah juga akan memaafkan kita sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu hadist berikut ini:

“Barangsiapa memaafkan kesalahan orang lain maka ALLAH akan memaafkan kesalahannya pada hari kiamat.“( Hr. Ahmad No-7122 )

Karena itu, sahabat dan saudaraku…Mari kita memaafkan kesalahan orang lain…Agar kita mendaptkan manfaatnya baik di dunia maupun di Akhirat…

Salam Cinta…Salmah Sumayya.

Advertisements

2 comments on “Mari Kita Maafkan Orang Lain

  1. wonderful points altogether, you simply won a emblem new reader. What might you suggest in regards to your post that you made some days in the past? Any sure?

    Like

  2. I simply wished to say thanks once again. I’m not certain what I could possibly have used in the absence of the entire hints shown by you on this concern. It truly was a very distressing dilemma in my circumstances, however , observing the very specialized manner you managed it forced me to jump over delight. I am thankful for this service and even have high hopes you recognize what an amazing job you are always undertaking training many others through your website. Probably you haven’t come across all of us.

    Like

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: