Leave a comment

Rabu 25 Juli 2012

Yusuf siap - siap sholat subuhSemalam aku ketiduran. Rencana awal hanya menemani yusuf tidur pada pukul 9 malam, tapi waduuuh, saya juga ikut tertidur. Aku baru bangun pada jam 3 dini hari. “Ya Ampuuuun, aku ketiduran. Astagfirullah,” ucapku…

Karena sudah pukul 3, aku bangun, masak nasi di rice cooker, iris tempe dan tahu. Sudah itu baru tahajjud. Tahajudnya Cuma 9 rakaat. Sudah sholat, aku ke kamar mandi merendam cucian. Sudah itu baru mengoreng tempe, dan masak sayur. Rencananya tahu juga mau digoreng tapi minyak gorengnya tidak cukup jadi dimasak saja… Alhamdulillah masakan sudah selesai pukul 4 lewat 10 menit.

Kulihat yusuf lagi nyenyak. Sengaja saya tidak bangunkan. Nanti waktu subuh baru dibangunkan. Saatnya makan sahur. Menunya nasi, tempe tumis kecap, sayur bening (jagung, labu kuning, bayam), dan ikan goreng. Sudah makan, dilanjutkan dengan makan jalangkotek dan minum satu gelas susu. Alhamdulillah..belum subuh…

Pekerjaan berikutnya adalah menyetrika. Tapi baru dua lembar selesai sudah terdengar adzan dari mesjid. Alhamdulillah sudah masuk waktu subuh. Sholat dulu deh. Aku ke kamar mandi ambil wudhu.

“Assalamu alaikum sayang. Anak ibu yang sholeh sudah bangun ya?,” kataku sambil tersenyum ketika melihat Yusuf sudah bangun, meskipun masih bolak-balik di tempat  tidur. Aku mendekatinya. Kuulurkan tanganku padanya, Yusuf malah membalikkan badannya, beberapa detik dia melihatku lagi sambil senyum…

“Anak ibu.” Aku duduk didekatnya, lalu kupijat dengan lembut kedua kaki dan tangannya, agar da merasa lebih nyaman…”bangun sayang, sudah subuh” kataku. Tanpa menunggu banyak waktu, Yusuf bangun. Akupun mengambil mukena dan menggelar saajdah. Aku menggunakan rok mukena lebih dahulu sementara kerudungnya kusimpan diatas sajadah. Yusuf yang sudah bangun, mengambil kerudung sembahyangku dan menyerahkannya padaku. Sudah beberapa hari ini Yusuf melakukan itu setiap aku sholat. “trimakasih sayang, Anak ibu yang pintar,” kuraih kerudung itu di tangannya lalu memberikannya hadiah ciuman di kedua pipinya.

“Yusuf di sini dekat Ibu ya, Ibu mau sholat dulu,”

Sampai selesai sholat Yusuf tetap didekatku. Usahi sholat lanjut membaca al-qur’an…karena semalam belum baca yasin, maka pagi ini baca yasin dulu baru melanjutkan bacaan qur’annya di jus 5. Ku pangku Yusuf sambil mengaji. Tangan mungilnya juga ikut memegang al-qur’an…aktifitas ini sudah hamper sebulan kami lakukan bersama. Trimakasih ya Allah Engkau telah memberikan karuni terindah dalam hidupku.

Usai mengaji, lanjut menyetrika. Namun sebelum itu, saya ambilkan yusuf, Tahu yang sudah saya masak tadi. Tahu itu saya iris kecil-kecil dan meletakkannya di piring. Yusuf kelihatan senang sekali melihat tahu masaknya. Tanpa diperintah dia mengambil sendok. Lalu kembali duduk. Kini didepannya sudah siap tahu isi untuk disantap. Biar lebih nikmat, kuputarkan lagu kesayangannya yang ada di laptopku dan akupun menyetrika…

Jam 6 lewat 15, seterikaan sudah selesai. Saatnya menyuci pakaian yang sudah direndam. Pukul 6 45, cucian sudah selesai di jemur. Rencananya selesai jemur cucian langsung mandi, tetapi karena selokan depan rumah lagi kotor, aku bersihkan dulu sekitar 5 menit, sekalian membersihkan halaman rumah dan menyiram kembang.

Hanya 5 menit, kurang lima menit pukul 7, kami mandi. Yusuf lagi PUP. Artinya, waktu mandi bertambah beberapa menit dari biasanya yang hanya 10 menit. Aapaun aktifitas aku dan yusuf, aku membuat agar dinikmati dan senang. Seperti pagi ini, dan seperti biasanya kami mandi berdua. Saya biarkan yusuf main air . sengaja kran air itu saya beri selang jadi seperti air mancur deh..pokoknya seru…pake sabun juga di nikmati, terakhir sikat gigi.

Sudah, kami selesai mandi pukul 7 lewat 12. Yusuf dulu berpakaian sudah itu baru aku. Kegiatan berpakaian selesai pukul 7 lewat 26. Saatnya aku mengantar yusuf ke rumah neneknya. Karena Yusuf belum bisa saya bonceng sendiri, maka Yusuf saya gendong dan kami jalan kaki ke rumah neneknya. Jaraknya sekitar 200 meter dari rumah. Lumayan, olahraga pagi…

Pukul 7 lewat 38 menit saya berangkat ke kantor dan tiba di kantor pukul 07.52. jarak dari rumah ke kantor 12 kilo. Rutenya tetap, lewat hertasning baru, belok kiri menuju Goro lalu masuk di pettarani, di pettarani belok kanan, lalu belok kiri masuk di jalan Faisal XII, terus masuk di jalan Bonto Mene, tembus ke Landak baru, dari landak baru  menuju veteran, pas traffic light belok kiri dan sebelum bundaran baeng-baeng belok kanan menuju Ratulangi, di ratulangi belok kiri masuk di Mappaodang,. Kantorku di jl Mappaodang no.8…

Agenda hari ini, sholat duha minimal 2 rakaat, lanjut baca Al waqiah, sudah itu baru menyelesaikan tugas kantor antara lain, lanjut mengedit artikel website Master Service Award. Jam 10  meeting dengan GM Hotel Boulevard, kemudian mengedit SOP yang telah disusun…

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Tulis Komentar Anda

